Tuesday 12 March 2013

BERANI

Orang berani itu bukanlah orang yang selalu meladeni orang lain yg mengajak berperang, berdebat dan konspirasi melakukan kejahatan. 

Orang yang sungguh2 berani itu, bukanlah orang takut dikatakan pengecut (karena tdk melakukan hal2 yg buruk dn jahat).

Biarlah dalam hal2 yg buruk, kriminalitas, nafsu duniawi, pertengkaran, debat kusir, KITA MENJADI ORANG YANG TAKUT (bahkan dituduh ‘pengecut’) untuk melakukannya.

Sebab keberanian yg sejati itu adalah : SIAP & MENERIMA HINAAN, CEMOOHAN & DAKWAAN YG TIDAK BENAR DALAM MELAKUKAN KEBAIKAN SERTA KEBENARAN.

Orang yang sungguh2 berani itu adalah orang yg siap menanggung konsekuensi dlm menegakkan kebenaran & demi melakukan kebaikan.

Tetapi KEBERANIAN ITU BUKAN BERARTI TANPA HIKMAT, karena TANPA HIKMAT, KEBERANIAN ITU ADALAH KEBERANIAN YG MEMBABI-BUTA yang identik dng TINDAKAN KONYOL.
“Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangka­n, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang? Jikalau tidak, ia akan mengirim utusan selama musuh itu masih jauh untuk menanyakan syarat-syarat perdamaian.” (Lukas 14:31-32).

Orang yang berani itu, termasuk yang telah memutuskan untuk beriman kepada Yesus Kristus, karena dengan demikian orang tsb. dapat menanggung resiko:

(1) dihina, dicela dan difitnahkan segala yang jahat (Matius 5:10-12). Dan untuk itu DIPERLUKAN KEBERANIAN YANG SEJATI.

(2) Dibenci dunia (Yohanes 15:18,” Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.”) --- INI JUGA MEMBUTUHKAN KEBERANIAN YG LUAR BIASA.

(3) Menyangkal diri & Memikul Salib: “Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya­: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.” (Matius 16:24).

JADI, BENARLAH ! BILA ANDA MEMUTUSKAN MENJADI PENGIKUT KRISTUS, ANDA TERMASUK ORANG-ORANG YANG SUNGGUH-SUNGGUH­ BERANI (bahkan LEBIH DARI RATA-RATA). KARENA DENGAN DEMIKIAN ANDA JUGA BERANI UNTUK
* DIHINA, DIFITNAH, DICELA
* UNTUK MEMIKUL SALIB & MENYANGKAL DIRI
* UNTUK MENANGGUNG KONSEKUENSINYA YAITU DIBENCI DUNIA !

SELAMAT MELANJUTKAN HIDUP DENGAN KEBERANIAN IMAN & MENJADI UMAT PEMENANG !

We Love Jesus & you. God Bless you all.

Renungan (by Suryadi,Pdt.) tgl. 7 Maret 2013, pk. 20.00 WIB.

No comments:

Post a Comment