Thursday 21 March 2013

*" HIKMAT TUHAN "*

SAHABAT DOA yang terkasih dalam Keluarga Kasih Kristus, pernahkah saudara dibingungkan oleh berbagai macam situasi hidup..?? Ataukah juga saudara dan saudari semuanya pernah mengalami suatu akibat negatif dari suatu keputusan yang kurang bijaksana..?? Ketika segala sesuatu menjadi tidak karuan, pertanyaan yang biasa muncul dari setiap kita adalah :

" Apa yang sudah terjadi dan apa yang sudah saya lakukan sampai saya harus mengalami hal seperti ini..?? "

Kemudian tidak sedikit dari anak-anak Tuhan yang mengalami kekecewaan, putus asa, sakit hati, bahkan sampai mengalami kepahitan. Iya apa iya..??
^_^

Kebanyakan orang tidak meminta hikmat kepada Tuhan terlebih dahulu sebelum mereka melakukan sesuatu, hingga mengakibatkan perhitungan maupun keputusan yang diambilnya dalam kehidupan kurang tepat. Dan sebagian orang lagi memilih bergaul dengan orang-orang yang memberi pengaruh buruk dari pada yang baik.

Pilihan-pilihan yang kurang tepat seperti itulah, yang sering kali menimbulkan dampak negatif dalam kehidupan, yang semakin lama semakin memperburuk situasi serta keadaan dalam kehidupan yang kita jalani.

Firman Tuhan di dalam EFESUS 5 : 15-17, berkata dengan sangat jelas :
" Karena itu, perhatikanlah dengan seksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. "

Ayat Firman Tuhan tersebut membimbing kita untuk dapat melakukan langkah yang tepat dalam mengambil suatu keputusan dan menjalani kehidupan bersama Tuhan. Lalu sekarang pertanyaannya, bagaimana kita dapat melakukannya..?? Mari.. Bersama-sama kita PERHATIKAN yang berikut ini.

1). KITA HARUS MEMILIH UNTUK MENCARI HIKMAT TUHAN.

~ Bagaimana kita akan menjalani kehidupan ini, keputusan ada di tangan kita masing-masing. Hikmat bukanlah sesuatu yang dapat kita temukan atau miliki dengan sendirinya. Hikmat harus dicari dengan rajin. Dan sumber hikmat hanyalah ada dalam Firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab. Jadi lebih rajin-rajinlah membaca-baca Firman Tuhan sebagai pegangan kita untuk berhikmat dalam mengambil suatu keputusan untuk menjalani kehidupan.

2). KITA HARUS MENCARI RENCANA TUHAN.

~ Orang yang berjalan dengan hikmat Tuhan, tahu bagaimana ia mempengaruhi dunia dan bagaimana dunia mempengaruhinya. Artinya, orang yang terus-menerus mencari Rencana Tuhan dalam kehidupannya akan selalu mengandalkan Tuhan dalam berbagai macam situasi yang dihadapinya dalam kehidupan, sehingga ia dapat membawa Kabar Sukacita Kerajaan Sorga ke dunia, dan dunia tidak dapat mempengaruhi kehidupannya secara negatif.

3). KITA HARUS BERTINDAK DENGAN HIKMAT TUHAN DALAM HIDUP KITA.

~ Orang yang menjalani kehidupannya dengan bijaksana dan selalu menggunakan hikmat Tuhan dalam mengambil suatu keputusan, adalah orang yang bertanggung jawab atas segala perbuatan dan penggunaan waktunya. Tuhan sudah mempercayakan kepada kita dengan sumber-sumber daya talenta yang dapat kita gunakan untuk meluaskan Kerajaan-NYA di dunia ini, baik melalui keluarga, pekerjaan, study, masyarakat, gereja, maupun Bangsa dan Negara. Dengan begitu, tidak hanya sebatas kita sudah memiliki hikmat Tuhan dan sudah mengetahui rencana Tuhan dalam hidup kita saja, melainkan senantiasa kita juga harus memiliki kerinduan untuk melakukannya dengan "TINDAKAN IMAN" dalam kehidupan yang kita jalani, dengan selalu mengucap syukur atas berbagai macam situasi dan kondisi, serta senantiasa selalu mengucapkan terimakasih kepada Tuhan atas segala hal yang telah DIA percayakan dalam kehidupan kita, untuk kita lakukan dengan penuh tanggung jawab.

Nah.. Sudah tahu kan rekan-rekan SAHABAT DOA semuanya, bagaimana langkah-langkah supaya kita dapat memiliki Hikmat Tuhan dan bagaimana caranya supaya kita juga dapat menerapkannya dalam kehidupan. Mari.. Bersama-sama kita belajar dan kerjakan ke tiga hal tersebut, sebagai pedoman dan pegangan kita dalam menjalani kehidupan, agar senantiasa kita selalu hidup dekat dengan Tuhan dan berkemenangan dalam kehidupan atas keputusan-keputusan yang kita ambil bersama-NYA.

Selamat memiliki dan menggunakan Hikmat Tuhan dalam kehidupan.

Salam Kegerakan Kasih Agape.
" We love Jesus and you. God bless you all. "

- (By : ABI) -

No comments:

Post a Comment