Wednesday 7 November 2012

T E N A N G

Tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu. (Yesaya 30:15)

Sebagian besar masalah yang kita alami dalam hidup ini sebenarnya dapat diatasi dengan lebih mudah seandainya kita mampu
 bersikap tenang. Masalahnya, bersikap tenang ketika masalah datang bukanlah hal yang mudah. Kita lebih mudah untuk terjebak dengan rasa panik yang kemudian mengendalikan kehidupan kita. Akhirnya, bukan keputusan bijak yang kita ambil, justru sebaliknya, kita mengambil keputusan-keputusan yang tidak tepat.

Terlihat seorang pria sedang mencari arlojinya yang hilang di tumpukan jerami. Ia mencari ke sana ke mari, namun tak juga ditemukan. Setelah sekian lama pencariannya tak membuahkan hasil, ia makin panik, frustasi dan mengomel terus menerus. Sampai akhirnya ia menyerah dan tak mau mencari lagi.

Seorang bijak yang kebetulan melihat kejadian itu mencoba membantu mencarikannya, hanya dengan satu syarat, pria yang sudah panik itu harus diam, tenang dan tak boleh mengeluarkan suara sedikitpun juga. Ketika suasana sudah menjadi sedemikian tenang dan sunyi, secara perlahan terdengarlah bunyi suara arloji yang berdetak dan dengan mudah orang bijak tersebut menemukannya. Sebuah cara penyelesaian yang sangat sederhana: bersikap tenang!

Apa yang dilakukan pria yang panik tersebut juga kerap kita lakukan saat masalah datang menghampiri kita. Panik tak akan pernah menyelesaikan masalah, justru hal itu akan membuat masalah tambah runyam. Daripada panik, bukankah lebih baik kita bersikap tenang dan belajar berdiam di bawah kaki Tuhan. Dengan kita berdiam diri, biasanya pikiran kita akan makin jernih dan hati kita makin peka untuk mendengar suara Tuhan.

Kita mencari jawaban ke sana ke mari, namun tak juga menemukannya. Lupa, bahwa solusi dari kebanyakan persoalan seringkali terletak di ujung lengan baju kita. Solusi yang sebenarnya bisa dengan mudah kita temukan, seandainya kita bisa belajar berdiam dan belajar tenang. Yesaya 30 :15 menulis dengan sangat unik, bahwa berdiam diri dan bersikap tenang justru adalah kekuatan kita.

Apakah hari ini Anda sedang dihadapkan dengan masalah hidup yang rumit? Jangan buru-buru panik! Jadilah tenang dan pertajam kepekaan Anda untuk bisa menangkap petunjuk dari Tuhan untuk persoalan kita. (fr.martinez.mnrd)

Tuhan Yesus memberkati selalu..





via: http://www.facebook.com/SAHABAT.DOA.YESUS?ref=stream

No comments:

Post a Comment